OLAHAN ALPUKAT UNTUK BAYI

Sumber Melinda Hospital

Makanan Bayi: Aneka Resep Alpukat untuk Bayi Usia 4-10 Bulan

 

Makanan bayi bisa Anda perkenalkan dengan alpukat pada usia 6-10 bulan. Aneka resep alpukat mungkin sempat terpikirkan oleh Anda. Pasalnya, buah alpukat yang kaya kandungan lemak tak jenuh, tinggi kalori, belum termasuk aneka vitamin, seringkali membuat seseorang terlalu bosan dengan sajian yang ‘itu-itu saja’. Kalau Anda pun bosan, apalagi bayi yang mulai mengenal rasa ?

Kebutuhan asupan karbohidrat, lemak, serta vitamin guna menunjang pertumbuhan bayi tentu ingin Anda lakukan setiap waktu. Saat bayi berusia 4-6 bulan, buah alpukat mulai bisa dikenalkan pada bayi, setelah melalui pengolahan yang benar. Melalui aneka resep alpukat berikut ini, semoga Anda dapat menyajikan beragam makanan bayi dengan bentuk olahan alpukat yang akan disukai si kecil.

Usia 4-6 bulan

Untuk mengenalkan alpukat pada bayi, Anda perlu mengenalkan olahan alpukat yang mudah dicerna bayi. Jadi Anda bisa mulai dengan memberikan potongan alpukat yang dihaluskan dengan garpu (tidak perlu diblender), kemudian langsung disuapkan begitu saja pada bayi. Dengan cara ini, alpukat juga dapat dicampur dengan sebuah pisang. Bedanya, Anda memerlukan blender atau food processor jika menggabungkan alpukat dan pisang.

Usia 6-8 bulan

Dalam dua bulan berikutnya, Anda bisa mengolah 3-4 buah alpukat, pisang, kukusan pir, dan beberapa yogurt (yang aman untuk bayi). Caranya, haluskan seluruh buah tersebut dalam blender atau food processor, dan tambahkan yogurt sebelum disajikan. Campuran rasa ini tentu akan disenangi bayi.

Usia 8-10 bulan

Beranjak dewasa, bayi dapat menerima alpukat dengan campuran gandum halus, bawang putih bubuk, sedikit merica, dan daun kemangi yang dihaluskan. Penyajiannya bisa menjadi isi roti atau dimakan begitu saja bila si kecil menyukainya. Atau Anda bisa mencampur alpukat dengan keju dan gandum yang dihaluskan, kemudian dibentuk menjadi bola-bola alpukat yang menarik minat bayi.

Semoga aneka resep alpukat di atas menjadi makanan bayi yang dapat disukai buah hati Anda, sehingga pasokan gizi dan kalorinya dapat terpenuhi setiap hari. Selamat mencoba.

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s